Inilah Manfaat Bersepeda Bagi Lansia Tak Bisa Dipandang Remeh

  • Share
Inilah Manfaat Bersepeda Bagi Lansia Tak Bisa Dipandang Remeh

Liputanbekasi.com – Ingatkah harga sepeda meroket ketika pandemi covid-19 berlangsung selama beberapa bulan pertama? Orang-orang jadi gandrung naik sepeda lantaran dampak kesehatannya. Pada artikel ini kita akan membahas tentang manfaat bersepeda bagi lansia.

Bersepeda, apa memang benar membawa manfaat bagi kesehatan? Ada ejekan dari segelintir orang bahwa bersepeda saat ini hanyalah memenuhi gaya hidup agar tak dicap kuper.

Ada juga kelakar yang menyebut bahwa orang yang bersepeda dalam jarak jauh justru lebih konsumtif makan karena tiap warung tempat mereka istirahat, tanpa sadar mereka makan lebih banyak dibandingkan orang yang tak bersepeda.

Kembali ke topik semula, apakah memang benar ada manfaat kesehatan, terutama bagi orang yang sudah lanjut usia?

Dalam sebuah studi, The Guardian melaporkan perbandingan pengendara sepeda antara usia 55 tahun dan 79 tahun dengan sekelompok orang dewasa sehat yang tidak berolahraga secara teratur.

Dalam studinya, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendara sepeda mengalami penurunan massa otot yang lebih lambat daripada mereka yang tidak berolahraga.

Diketahui, dalam studi lain para peneliti menemukan bahwa pengendara sepeda pada studi ini menunjukkan hasil yang sangat menonjol, yaitu penurunan pada sel otot berhubungan dengan penuaan dapat diminimalkan pada beberapa individu ini.

Bersepeda dapat membantu lansia hidup lebih lama dan memiliki risiko kematian yang lebih rendah seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

Itulah manfaat bersepeda bagi lansia. Tak heran, olahraga satu ini populer untuk segala latar belakang usia, dari belia sampai lansia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *