Geliatkan Ekonomi, Burangkeng Rencanakan Pembangunan Wisata Kuliner Desa

  • Share
Pendatanganan Perdes Burangkeng tentang APBDes 2021, Kamis, 7 Januari 2021. (Foto: Kontributor Liputanbekasi.com)

Liputanbekasi.com, Kabupaten Bekasi – Untuk menggairahkan kembali ekonomi masyarakat. Pemerintah Desa Burangkeng, Kecamatan Setu berencana membangun wisata kuliner desa.

Kepala Desa Burangkeng, Nemin mengatakan rencana wisata kuliner desa bakal dibangun di perumahan Mustika Grande. Salah satu perumahan terpadat di Burangkeng.

“Ada rencana membangun wisata kuliner, selain untuk menggeliatkan ekonomi, juga untuk ketahanan pangan. Rencana dibangun di Mustika Grande,”kata Nemin.

Ia menyebutkan, wisata kuliner bakal ditata secara profesional sehingga membuat pengunjung nyaman berwisata kuliner. Nanti pedagang wajib warga Desa Burangkeng.

“Pedagang wajib ber KTP Burangkeng, nanti pedagang-pedagang bakal ditata agar tidak kumuh. Sistem pembayaran nanti satu pintu dikasir,”paparnya.

Jadi, warga yang akan berdagang wisata kuliner desa tidak akan dikenakan biaya sewa, melainkan konsinyasi dari hasil transaksi.

“Kalau dikenakan sewa kan memberatkan warga. Misalnya dagang bakso satu porsi 10ribu, itu dua ribu untuk pengelolaan wisata kuliner dan PAD,”tuturnya.

Nemin mengaku ini secepatnya mewujudkan wisata kuliner desa, namun lantaran ada pandemi covid-19 yang mengharuskan mengalihkan pembangunan ke bantuan langsung tunai.

“Kita lihat, seperti apa regulasinya, karena ditahun kemarin ( Tahun 2020,red) banyak pembangunan yang tidak terlaksanakan, karena ada regulasi dari pemerintah pusat,”tuturnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *