Keren, Warga VGH Sulap Tempat Maksiat Jadi Taman Toga

  • Share
Taman Toga Sadewa di Perumahan Vila Gading Harapan, Kecamatan Babelan. (Foto: Muhammad Sofyan/liputanbekasi.com)

Liputanbekasi.com, Kota Bekasi – Kebaikan memang menular, dan kebaikan juga memberi energi positif pada suatu tempat yang mulanya digunakan untuk hal yang tidak benar.

Ya, sebidang tanah di Perumahan Vila Gading Harapan (VGH), Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, adalah tempat maksiat, begitu sebutan warga.

Lahan kosong itu digunakan untuk hal-hal negatif. Dengan niat baik warga, mereka berinisiatif membuat sebuah taman yang kini diberi nama Taman Toga Sadewa. Toga merupakan kependekan dari tanaman obat keluarga.

Taman Toga Sadewa ini pernah menyabet juara di tingkat kelurahan. Lalu juga pernah membuat camat hingga bupati berkunjung. Bahkan puskesmas setempat pun pernah meneliti tanaman di taman ini.

Sebagaimana namanya, di taman ini terdapat banyak tanaman obat: daun sirih, kembang teleng, nangka landa, daun cincau, daun afrika, binahong, dan daun jarak.

“Awalnya ini lahan kosong, kadang dibuat maksiat sama tukang proyek bangunan. Karena warga takut terkena imbasnya, akhirnya warga minta izin sama developer untuk dijadikan taman, dengan harapan mereka yang berbuat maksiat pergi,” ucap Sumiyati, warga RT 9 RW 46, saat ditanya wartawan urbanjabar.com, Sabtu, 31 Desember 2020.

Tak hanya terdapat banyak tanaman obat, taman ini juga dikemas apik dan menarik. Ada beberapa titik swafoto (selfi) bagi para pengunjung. Tenang, tak ada bayaran untuk itu, semua gratis.

Data Lokasi

Taman Toga Sadewa
Lokasi: RT 9 RW 46, Perumahan Villa Gading Harapan, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

(msn)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *