Dapat BST, Warga Pejuang Tak Keberatan Beri Uang kepada Petugas RT

  • Share
Antrean warga Kelurahan Pejuang saat mengambil BST di Jalan Bahagia Indah 1, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medansatria, Kamis (14/1/2021). (Foto: Muhammad Sofyan/liputanbekasi.com)

Liputanbekasi.com, Kota Bekasi – Sebanyak 420 keluarga dari tujuh rukun tetangga di Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medansatria mendapatkan bantuan social tunai (BST) sebesar Rp300.000, Rabu, 13 Januari 2021.

Mereka mengantre sejak pagi pukul 01.00 WIB. Para penerima bantuan sebelumnya didata oleh ketua RT masing-masing. Mereka harus melengkapi berkas seperti kartu keluarga, KTP, dan surat resmi penerima bantuan.

Ketua RT 003 RW 7, Hasanudin, mengakui bahwa dirinya dan petugas lain memungut Rp20.000 sebelum pengambilan bantuan untuk biaya administrasi pengumpulan berkas, pendataan, dan fotokopi.

“Iya ada sebelum ngambil udah dimintain duluan Rp20.000 untuk biaya fotokopi, ngumpulin berkas data-data penduduk,” kata dia.

Meski demikian para penerima bantuan tunai tidak ada yang merasa dirugikan, bahkan tak jarang banyak yang mengucapkan terima kasih walau harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk administrasi petugas RT.

Yasin, salah seorang penerima BST, merasa beruntung dan berterima kasih kepada petugas RT meski dirinya harus mengeluarkan uang terlebih dahulu.

“Saya tidak merasa dirugikan malah berterima kasih sama RT sudah dibantu buatu ngurusin surat-surat, kan kita juga dapet lebih banyak daripada yang kita kasih,” demikian dia.

 

(msn)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *