banner 728x250

Penetapan APBDes Tahun 2021, Pemdes Burangkeng Alokasikan 275 Juta Untuk BLT-DD

  • Share
Pemdes dan BPD Burangkeng berfoto bersama. (Foto: Kontributor Liputanbekasi.com)
banner 468x60

Liputanbekasi.com, Kabupaten Bekasi -Pemerintahan Desa Burangkeng, Kecamatan Setu akhirnya menetapkan Anggaran Pendapatan dan Pembelanjaan Desa (APBDes) tahun anggaran 2021 di Aula Kantor Desa, Kamis (7/1).

Kepala Desa Burangkeng, Nemin mengatakan dalam APBDes tahun 2021 ini, pihaknya masih menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga yang ekonomi terdampak Covid-19.

“Dalam setahun kita masih anggarkan untuk BLT sebesar 275 juta untuk satu tahun. Untuk Kouta penerima nanti akan dibagi, yang jelas besaran penerima sebesar 300 ribu perbulannya,”kata Nemin.

Nanti, kata Nemin pemdes bakal membentuk tim verifikasi untuk menentukan penerima bantuan yang laik mendapatkan BLT dana desa.

“Nanti, agar benar tepat sasaran. Akan diverifikasi agu oleh tim, mana yang benar-benar membutuhkan. BLT sesuai arahan pemerintah pusat,”ucap dia.

Nemin mengakui adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah desa mengesampingkan pembangunan infrastruktur karena terkenan refocusing anggaran untuk BLT, stunting dan padat karya tunai desa.

“Banyak pembangunan yang tidak berlanjut, ditahun 2020 saja ada empat kali perubahan. Yang jelas kami pemerintah desa mengikuti arahan pemerintah pusat dan kabupaten,”ujar dia.

Di tahun 2020,¬† Pemdes Burangkeng mencatat Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar 600 juta, “PAD terbesar¬† dari kompensasi TPA, bantuan pemerintah, pajak retribusi,”ucap dia.

Ketua BPD Burangkeng, Dasir menjelaskan untuk penerima BLT berdasarkan usulan RT/RW, “BLT dana desa sesuai usulan masyarakat, nanti akan diverifikasi BPD dan Pemdes,”tuturnya.

Camat Setu, Joko Dwijatmoko mengapresiasi pemdes Burangkeng yang sudah menetapkan APBDes Tahun 2021. Ia berharap di tahun 2022 PAD Burangkeng dapat menembus angka satu milyar.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *