Pastikan Pembangunan Tepat Sasaran, Pemdes Cibening Bentuk Tim Verifikasi

  • Share
Pastikan Pembangunan Tepat Sasaran, Pemdes Cibening Bentuk Tim Verifikasi

Liputanbekasi.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Cibening, Kecamatan Setu  membentuk tim verifikasi penetapan Anggaran Pendpatan dan  Pembelanjaan Desa (APBDes). Hal ini untuk memastikan agar pembangunan tepat sasaran.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Desa Cibening, Widodo dalam Musyawarah Desa (Musdes) penetapan RKPDes di Aula Kantor Desa Cibening, Rabu (23/12).

“Kita membentuk tim verifikasi sebanyak lima orang, tim verifikasi ini terdiri dari pembina Kepala Desa. Nanti mana yang ditentukan masuk APBDes atau yang Musrenbang,”kata Widodo.

Lima tim verifikasi itu terdiri, dari Pemerintah Desa, Pendamping Lokal Desa dan Tokoh Masyarakat, dikatakan Widodo tim verifikasi akan menyerap masukan dari Musyarawah Dusun dan Musyarawah Desa.

“Nanti jika tidak memungkinkan masuk APBDes akan diusulkan melalui Musrenbang, untuk dianggarkan di Kabupaten Bekasi, yang pastinya semua usulan diserap,”tuturnya.

Termasuk usulan di tahun 2020 ini, yang tertunda akibat dana terkena pangkas pengalihan Covid-19, “Tahun ini kan memang terkena refocusing, jadi usulan yang tertunda masuk diusulkan tahun 2020,”tuturnya.

Namun, Widodo berharap masyarakat memaklumi jika ada aspirasi yang tidak terserap karena terbatasnya anggaran di desa yang sudah ditentukan dalam Permendagri.

Ketua BPD Cibening, Anton Suryana mengatakan di tahun depan diprioritaskan untuk pembangunan sumber daya manusia, pasalnya 80 persen infrastruktur di Desa Cibening sudah laik.

“Infrastruktur sekitar 20 persen lagi, karena kan memang ada jalan yang rusak. Lebih diupayakan ke peningkatan sumber daya manusia,”tuturnya.

BPD Cibening pun menyerahkan pokok pemikiran pembangunan desa untuk tahun 2021 mendatang,”Pokok pemikiran ini dari kajian masalah yang ada didesa dan juga usulan masyarakat,”paparnya.

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *