BumDes Ciledug Sudah Mampu Mandiri Tahun 2020 Berkat Bisnis Saldo Elektrik

BumDes Ciledug Sudah Mampu Mandiri Tahun 2020 Berkat Bisnis Saldo Elektrik

Liputanbekasi.com – Prospek bisnis saldo elektrik yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ciledug Bersinar, Desa Ciledug, Kecamatan Setu sejak akhir tahun 2019 sangat menjanjikan.

Pasalnya, di tahun 2020 ini BUMDes Ciledug Bersinar mencatat kinerja yang cukup positif, dimana saat ini sudah dapat menopang operasional bisnisnya.

“Tahun 2020 ini sudah dapat menutupi kebutuhan operasional BUMDes, jadi sudah mandiri. Pengelola pun sudah mendapatkan biaya operasional dari hasil bisnis saldo elektrik,”kata Direktur BUMDes Ciledug Bersinar, Gunawan dalam siaran persnya.

Gunawan mengatakan, setiap harinya tercatat sekitar 500 transaksi saldo elektrik ke retail yang tersebar di Kecamatan Setu dan Kecamatan Cikarang Barat.

“Transaksi sekitar 400-500 transaksi ke kios kios, tidak hanya di Desa Ciledug. Setiap harinya itu perputaran uang  sekitar  5 juta,”kata dia.

BUMDes Ciledug Bersinar pun memberikan kemudahan untuk warga Ciledug yang membuka usaha. Khusus warga Desa Ciledug tidak perlu memberikan uang deposit kepada BUMDes Ciledug.

“Untuk warga Desa Ciledug, kita permudah dengan tidak memberikan uang deposit diawal, untuk pembayaran cukup diakhir, jadi tanpa modal sudah bisa menjalankan usaha saldo elektrik. Kalau kios diluar Ciledug wajib deposit terlebih dahulu,”ujarnya.

Saat ini, sudah ada sekitar  30 kios warga Desa Ciledug yang turut serta menjalankan usaha membuka kios saldo elektrik.

“Awal itu, banyak yang warga yang membuka usaha, namun seiring berjalan waktu ada yang tidak aktif. Itu kembali ke warganya dalam menjalankan bisnisnya,”tuturnya.

Selain sudah menutupi operasional, dengan berbisnis saldo elektrik ini, BUMDes Ciledug pun sudah melaksanakan kegiatan CSR diawal pandemi Covid-19.

“Lima persen itu kita sisihkan untuk kegiatan CSR BUMDes, dimana itu berbagi nasi kotak kepada warga Desa Cilrdug dan bantuan sembako untuk korban banjir di perumahan GSP,”tuturnya.

Gunawan mengaku ditahun depan akan mengajukan kembali penambahan modal untuk penguatan bisnis BUMDes Ciledug Bersinar, pasalnya diawal kucuran dana untuk pondasi membangun BUMDes. Target BUMDes Ciledug ditahun depan akan berupaya menembus pasar nasional dengan meng-upload aplikasi ke playstore android dan IOS

“Tahun depan, kita penguatan bisnis saldo elektrik dan pertengahan tahun ada plan untuk pengembangan bisnis di bidang lain,”tuturnya.

Untuk ekspansi bisnis, dikatakan Gunawan akan dibahas lebih lanjut dengan Kepala Desa Ciledug selaku Komisaris BUMDes Ciledug Bersinar.

“Ada beberapa plan bisnis usaha seperti peternakan dan pengembangan objek wisata, cuma akan dibahas lebih lanjut dengan Komisaris BUMDes, mana yang diprioritaskan,”paparnya.

(pam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here