Program Padat Karya Tunai Desa Burangkeng, Kades Libatkan Warga

  • Share
Program Padat Karya Tunai Desa Burangkeng, Kades Libatkan Warga

Liputanbekasi.com – Pemerintah Desa Burangkeng, Kecamatan Setu melakukan normalisasi  saluran air di Kampung Cinyosog RT 02 RW 05 Dalam program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) tahun anggaran 2020.

Normalisasi saluran air itu bakal mengurangi dampak banjir di perumahan Mustika Grande dan Grand Residence. Pasalnya selama ini saluran air itu terhambat.

Kepala Desa Burangkeng, Nemin ketika meninjau PKTD bersama Pendamping Lokal Desa, Takbir Rotulihrom mengatakan dua perumahan itu kerap dilanda banjir, sehingga normalisasi saluran air sepanjang 750 meter harus dilakukan.

“Manfaat kami harapkan untuk warga dapat mengurangi dampak banjir. Saluran ini menghubungkan ke danau Grand Residence. Sebelumnya ini tidak aktif,”tutur Nemin

PKTD  sesuai arahan Kementerian Desa. Nemin menyebutkan program PKTD juga untuk pemberdayaan masyarakat Burangkeng yang bersifat produktif.

“Sehubungan dengan pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian. Jadi sesuai arahan PKTD ini harus dilakukan,”tuturnya.

Sekitar 50 warga Desa Burangkeng, diberdayakan untuk mengerjakan normalisasi ini, “Kita tidak membatasi, yang mau kerja silahkan. Kebanyakan mereka pekerja buruh yang terkena PHK,

Pedagang yang kesulitan berjualan,”paparnya.

Kegiatan padat karya ini dikatakan Nemin dapat memanfaatkan sumberdaya tenaga lokal yang ada dengan tujuan untuk menambah pendapatan warga yang terdampak covid 19.

PKTD yang dilakukan oleh Pemerintah Desa mengacu pada surat edaran Kemendes Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa tanggap covid 19 dan penugasan Padat Karya

(ref)

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *