Tingkat Kesadaran Meningkat, Pelanggar Prokes di Kecamatan Setu Menurun

Tingkat Kesadaran Meningkat, Pelanggar Prokes di Kecamatan Setu Menurun

LIPUTANBEKASI.COM – Tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan (Prokes) di Kecamatan Setu mulai meningkat. Angka pelanggaran Prokes pun menurun.

Sekretaris Kecamatan Setu, Muhammad Ali Amran mengatakan penurunan pelanggaran ini menandakan operasi yustisi yang digelar Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Setu berjalan efektif.

“Operasi yustisi ini untuk memberikan kesadaran masyarakat untuk menerapkan prokes dan sekarang sudah kita lihat banyak masyarakat yang keluar menggunakan masker, artinya operasi berjalan sesuai tujuan,”kata dia ditemui usai melakukan operasi Yustisi di depan Perumahan Grand Residence, Sabtu (7/11).

Informasi yang dihimpun, awal operasi Yustisi yang digelar bulan September ditemukan hingga dua puluh pelanggar Prokes setiap hari, namun saat ini hanya sekitar delapan pelanggaran.

“Dalam operasi ini kita masih upaya preventif dan diberikan sanksi sosial. Edukasi harus terus dilaksanakan sampai pandemi ini selesai,”ucap dia.

Ali meminta pihak pemerintah desa juga rutin melaksanakan edukasi ke masyarakat ada atau tidaknya operasi yustisi ini.

“Meski operasi yustisi sudah selesai, pemerintah desa harus aktif memberikan edukasi langsung ke masyarakat, agar semua desa di Setu ini dapat menekan penyebaran Covid-19,”tuturnya.

Kepala Desa Cijengkol,  A Saefulloh memastikan 85 persen warga Desa Cijengkol sudah mulai sadar akan pentingnya Prokes.

“Saya lihat meningkat, keluar rumah warga sudah mau  pakai masker. Edukasi harus dilakukan secara gotong royong, setiap pertemuan dan kegiatan saya selalu himbau pake masker,”tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here