Liputanbekasi.com – Pemilik Klub besar Liga Inggris Manchester City Sheikh Mansour, baru-baru ini membeli klub divisi kedua Liga Prancis, Esperance Sportive Troyes Aube Champagne (ESTAC).

Pembelian tersebut dilakukan melalui perusahaan induk yang mengelola asosiasi sepak bola, City Football Group (CFG).

Mayoritas saham CFG dimiliki bos Man City Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, konglomerat asal Abu Dhabi sebesar 78 persen.

Pada Kamis (3/9/2020), CFG resmi mengumumkan telah membeli klub ESTAC dari pemilik sebelumnya, Daniel Masoni.

Daniel Masoni merupakan seorang pengusaha asal Perancis juga telah membeli saham minoritas dan akan masuk jajaran dewan klub tersebut.

ESTAC merupakan klub sepak bola yang telah didirikan sejak 1986. Mereka lebih terkenal dengan nama Troyes.

Mereka persen merasakan trofi Piala Intertoto pada 2001 dan merengkuh gelar Ligue 2 pada musim 2014-2015 lalu promosi ke Ligue 1. Akan tetapi, mereka harus kembali bermain di Ligue 1 usai terdegradasi pada musim berikutnya.

Adapun markas ESTAC berada di Stadion Stade de l’Aube dengan kapasitas penonton mencapai 20.400 orang. Musim 2019-2020, mereka finis di urutan keempat pada ajang Ligue 2 yang terpaksa diakhiri lebih dini karena adanya pandemi virus corona.

“Kami memiliki ketertarikan pada sepak bola Perancis untuk beberapa waktu dan telah lama mengagumi ESTAC,” kara CEO perusahaan CFG, Ferran Soriano, dikutip Antara News dari Reuters.

“Jadi, kami sangat senang telah menyelesaikan akuisisi klub ke-10 kami dan memiliki tempat permanen di Perancis,” ujar dia melanjutkan.

“Ini adalah sebuah pencapain bagi CFG dan menunjukkan bagaimana model kami terus beradaptasi serta tumbuh dalam waktu yang relatif singkat,” tandasnya.

Berikut 10 klub yang dimiliki CFG di bawah kepemimpinan Sheikh Mansour sebagai pemilik saham mayoritas perusahaan:

1. Manchester City – Inggris
2. New York City – Amerika Serikat
3. Melbourne City – Australia
4. Yokohama F Marinos – Jepang
5. Montevideo City Torque – Uruguay
6. Girona – Italia
7. Sichuan Jiuniu – China
8. Mumbai City – India
9. Lomsel SK – Belgia
10. ESTAC – Perancis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here